Menu
Redaksi Hari Ini

Gunung Ili Lewotolok Meletus Disertai Dentuman Sedang

  • Share
Gunung Ili Lewotolok Meletus Disertai Dentuman Sedang

TANTRUM – Gunung Ili Lewotolok, Nusa Tenggara Timur kembali meletus pada pukul 05.46 WITA. Letusan kali ini disertai dentuman sedang.

Material vulkanik yang dikeluarkan Gunung Ili Lewotolok berupa abu dengan ketinggian kurang lebih 700 meter dari atas puncak gunung atau 2.123 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Menurut Kepala Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lelono, warna kolom abu yang dihembuskan berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut.

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 20.8 mm dan durasi kurang lebih  40 detik,” ujar Eko dalam keterangan tertulisnya, Bandung, Sabtu, 2 Juli 2022.

Sebelumnya kemarin (1/7/2022), Gunung Ili Lewotolok mengalami hal serupa, namun letusannya disertai gemuruh kuat.

Peristiwa itu terjadi pukul 16.29 WITA dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.300 meter di atas puncak atau 2.723 mdpl. 

“Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat,” kata Eko.

Dengan adanya dua hari berturut – turut mengalami aktivitas vulkanik skala besar, belum ada peningkatan status Gunung Ili Lewotolok.

Gunung Ili Lewotolok berada pada Status Level III (Siaga) sejak 29 November 2020. Rekomendasi yang diterbitkan oleh Badan Geologi Kementerian ESDM adalah tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 kilometer dari puncak atau kawah Gunung Ili Lewotolok, radius 3.5 kilometer untuk sektor tenggara, radius 4 kilometer untuk sektor timur dan timurlaut.

“Masyarakat Desa Lamawolo, Desa Lamatokan, dan Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman guguran lava pijar dan awan panas dari bagian timur puncak atau kawah Gunung Ili Lewotolok,” ujar Eko.

Tak hanya Gunung Ili Lewotolok, 4 gunung lainnya berstatus Level III (Siaga). Diantaranya adalah Gunung Awu sejak 11 Mei 2022, Gunung Anak Krakatau dari 24 April 2022, Gunung Semeru     ditetapkan 16 Desember 2021 dan Gunung Merapi pada 5 November 2020. 

#Gunung #Ili #Lewotolok #Meletus #Disertai #Dentuman #Sedang

Sumber : tantrum.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *