Menu
Redaksi Hari Ini

Cara Ubah Alamat Paspor, Ini Penjelasan Ditjen Imigrasi

  • Share
Cara Ubah Alamat Paspor, Ini Penjelasan Ditjen Imigrasi

Pagarsehat.web.id – Alamat domisili di paspor bis diubah karena ada perubahan nama jalan, terutama di Jakarta. Berikut cara ubah alamat paspor berdasarkan penjelasan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

Mekanisme perubahan alamat pemegang paspor sudah diatur dalam undang-undang dan peraturan pemerintah dalam hal perubahan status sipil seseorang.

Imigrasi akan menyesuaikan dengan dokumen identitas diri yang dilampirkan antara lain kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

“Pengubahan data alamat dapat dilakukan ketika seseorang melakukan penggantian paspor,” kata Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham Achmad Nur Saleh melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca Juga:
Beli Minyak Goreng Wajib Tunjukkan PeduliLindungi, Warga Depok: Bikin Ribet, Belum Antrenya

Jika penggantian nama jalan terjadi tidak lama setelah yang bersangkutan mengganti paspor, maka diperbolehkan menuliskan alamat terbarunya di halaman paling belakang.

Oleh karena itu, Saleh mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir. Karena penulisan alamat baru tersebut tidak akan berdampak pada keabsahan paspor.

Halaman biodata paspor sebenarnya tidak mencantumkan alamat lengkap pemegang paspor. Namun, informasi alamat tersimpan pada database Ditjen Imigrasi.

Oleh karena itu, masyarakat tidak dituntut untuk mengubah alamatnya secepat mungkin.

Masyarakat yang ingin melakukan penggantian paspor sekaligus mengubah informasi alamat di database Imigrasi, terlebih dahulu harus menyelesaikan proses perubahan data di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.

Baca Juga:
Minyak Goreng Curah Syarat Beli Pakai NIK Masih Sulit Ditemukan di Siak

Ia menerangkan ketentuan terkait dengan data pemegang paspor terdapat pada Pasal 49 Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Keimigrasian.



#Cara #Ubah #Alamat #Paspor #Ini #Penjelasan #Ditjen #Imigrasi

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.