Menu
Redaksi Hari Ini

6 Tips Menghentikan Ngorok Atau Mendengkur Saat Tidur

  • Share
6 Tips Menghentikan Ngorok Atau Mendengkur Saat Tidur

Di kala kita kelelahan setelah beraktivitas sepanjang hari, tidur merupakan solusi terbaik untuk mengistirahatkan tubuh. Namun, tanpa kita sadari, kita sering kali mendengkur saat tidur. 

Tentu mendengkur dapat menggangu kita dan orang di sekitar kita karena suara mendengkur kita yang terlalu keras, terutama bagi yang sedang tidur.

Mendengkur umumnya disebabkan oleh penyempitan saluran udara di tenggorokan dan hidung kita di saat sedang terlelap. Mendengkur saat tidur dapat dialami oleh siapapun mulai dari anak-anak hingga orang tua sekalipun.

Lantas bagaimana cara menghentikan kebiasaan mendengkur tersebut? Mengutip dari situs WebMD, berikut adalah tips-tips menghentikan ngorok atau mendengkur di kala kita sedang tidur:

1. Mengubah Posisi Tidur

Tips yang pertama adalah dengan mengubah posisi tidur kalian. Berbaring telentang membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak di mulut mengarah ke dinding belakang tenggorokan. 

Hal tersebut merupakan salah satu penyebab bergetarnya suara saat tidur atau ngorok. Tidur miring dapat mencegah kalian mendengkur di saat terlelap.

2. Menurunkan Berat Badan

Penurunanan berat badan mampu mengurangi kebiasaan kalian ketika mendengkur di saat tidur. Jika berat badan kalian bertambah dan mulai muncul kebiasaan mendengkur saat tidur, itun pertkalian bahwa berat badan kalian yang menyebabkan kebiasaan mendengkur. 

Menurut Daniel P. Slaughter, MD, seorang ahli THT dan ahli mendengkur di Capital Otolaryngology di Austin, Texas “Jika lemak di sekitar leher kalian bertambah, lemak tersebut akan menekan diameter internal tenggorokan dan mungkin memicu dengkuran”

3. Hindari Konsumsi Alkohol

Alkohol dan obat penenang dapat mengurangi kekuatan otot-otot di bagian belakang tenggorokan dan memungkinkan kalian untuk mendengkur. 

Menurut Sudhansu Chokroverty, MD, FRCP, FACP, direktur program Neurofisiologi Klinis dan Pengobatan Tidur di JFK Medical Center “Konsumsi alkohol empat hingga lima jam sebelum tidur membuat dengkuran menjadi lebih buruk dan orang yang biasanya tidak mendengkur akan mendengkur setelah konsumsi alkohol”

4. Hindari Kebiasaan Tidur Yang Buruk

Menurut Slaughter, kebiasaan tidur yang buruk dapat memiliki efek yang mirip dengan minum alkohol. Bekerja berjam-jam tanpa tidur yang cukup dapat membuat kalian terlalu lelah.

“Ketika kalian tidur terlalu lelap dan nyenyak, otot-otot kalian menjadi lemas dan dapat menciptakan dengkuran di saat tidur,” kata Slaughter.

5. Ganti Sarung Bantal Kalian

Tungau dan debu yang ada di bantal kalian dapat menyebabkan reaksi alergi yang menyebabkan kalian mendengkur saat tidur. Membiarkan hewan peliharaan kalian lalu lalang di sekitar tempat tempat tidur kalian juga dapat menyebabkan kalian menghirup bulu mereka dan pada akhirnya menyebabkan iritasi serta mendengkur.

Bersihkan bantal kalian dan ganti secara berkala sarung bantal di tempat tidur kalian setiap beberapa minggu sekali. Kalian juga dapat mengganti bantal kalian dengan bantal baru setiap enam bulan sekali untuk meminimalkan tungau dan juga debu. 

Jauhkan juga hewan peliharaan dari kamar tidur agar kebersihan kamar kalian tetap terjaga.

6. Rajin Minum Air Putih

Tips yang terakhir adalah dengan rajin minum air putih agar kalian terhindari dari kebiasaan mendengkur. “Sekresi di hidung dan langit-langit mulut kalian akan menjadi lebih lengket saat kalian mengalami dehidrasi, hal tersebut dapat membuat kalian lebih mudah mendengkur di saat tidur.” ujar Slaughter.

Menurut Institute of Medicine, wanita sehat harus minum sekitar 11 gelas air (dari semua minuman dan makanan) sehari; pria membutuhkan sekitar 16 cangkir.

#Tips #Menghentikan #Ngorok #Atau #Mendengkur #Saat #Tidur

Sumber : mamagini.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *