Menu
Redaksi Hari Ini

Ukurannya Mencapai 350 Meter, Ini Dia Kereta Terpanjang se-Indonesia

  • Share
Ukurannya Mencapai 350 Meter, Ini Dia Kereta Terpanjang se-Indonesia

Pagarsehat.web.id – Kereta menjadi salah satu moda transportasi publik yang banyak disukai karena terhindar dari macet. Kereta biasanya memiliki rangkaian gerbong yang panjang agar bisa mengangkut banyak penumpang.

Lantas pernahkah Anda penasaran, kereta terpanjang di Indonesia? Akun TikTok @kai121_ berbagi video tentang kereta dengan rangkaian terpanjang di Indonesia.

Ternyata, kereta terpanjang di Indonesia adalah Kereta Api Kertajaya. Kereta ini melayani perjalanan dari Stasiun Pasar Senen Jakarta menuju Stasiun Pasar Turi Surabaya.

Panjang KA Kertajaya ini mencapai 350 meter dengan 16 kereta. Hal ini cukup berbeda dibanding KA penumpang pada umumnya yang terdiri dari 8 sampai 9 kereta.

Baca Juga:
Motor Mogok di Tengah Rel, PNS Tewas Ditabrak Kereta Api Ranggajati

Hal tersebut lantas menjadikan KA Kertajaya sebagai pemegang rekor kereta penumpang dengan stamformasi terpanjang di Indonesia. Bahkan, kereta penumpang ini memiliki tonase mencapai 750 ton.

Kereta terpanjang di Indonesia (TikTok @kai121_)

Karena sangat panjang, KA Kertaja sampai harus memiliki 2 kereta pembangkit untuk menyuplai kebutuhan kelistrikan. Tak hanya itu, kereta ini juga memiliki 2 petugas kondektur, 2 petugas teknisi kereta api, 2 petugas polisi khusus kereta api, dan empat orang petugas on trip cleaning.

Total ada 16 kereta yang ditarik oleh 1 lokomotif pada rangkaian KA Kertajaya. Kereta ini termasuk dalam KA Komersial atau non subsidi dengan tarif yang relatif terjangkau.

Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen setiap pukul 14.10 WIB dan dari Stasiun Pasar Turi Surabaya pukul 21.20 WIB. Ada 4 provinsi yang terhubung dengan kereta ini diantaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

Baca Juga:
Jalur Kereta Api Sawahlunto-Muaro Kalaban Diperbaiki, Mak Itam Siap Beroperasi Lagi

“Dulu pernah naik kereta ini. Nggak nyangka ternyata ini kereta terpanjang,” komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. “Duh jadi penasaran pengen coba naik KA Kertajaya,” ujar wraganet ini.

“Kemarin berangkat ke Lamongan naik KA Kertajaya pulangnya naik KA Gumarang benar-benar nyaman banget,” tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Minggu (26/6/2022), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 500 ribu kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!



#Ukurannya #Mencapai #Meter #Ini #Dia #Kereta #Terpanjang #seIndonesia

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.