Menu
Redaksi Hari Ini

11 Gejala Miom, Wanita Harus Waspada

  • Share
11 Gejala Miom, Wanita Harus Waspada

Pagarsehat.web.id – Miom atau yang dikenal juga sebagai fibroid rahim atau leiomioma adalah tumor non-kanker umum yang tumbuh di dalam atau di sekitar rahim. Miom memiliki berbagai variasi ukuran serta menyebabkan gejala seperti sakit perut dan perdarahan menstruasi yang berat. Untuk selengkapnya, berikut ini gejala miom yang harus diwaspadai.

Diketahui, penyebab miom ini masih belum jelas. Namun ada beberapa faktor risiko yang memicu tumbuhnya miom dalam tubuh seperti riwayat keluarga atau genetika, obesitas, dan usia. Lebih dari setengah dari semua orang yang memiliki rahim akan mengalami miom pada usia 50.

Perlu diketahui juga bahwa ukuran miom ini ada yang sekecil kacang polong bahkan ada yang sebesar melon. Miom bisa tumbuh dalam atau di luar rahim, yang mana pertumbubannya bisa cepat atau lambat. Lantas, apa saja gejala miom? Mari perhatikan penjelasanya di bawah ini.

Ilustrasi wanita lemas gejala miom. (Pexels/Polina Zimmerman).

11 Gejala Miom

Baca Juga:
Perbedaan Kista, Tumor dan Kanker: Sama-Sama Membayakan Jadi Wajib Waspada!

Gejala miom ini tergantung pada seberapa besar tumor dan di mana letak lokasinya dalam tubuh. Orang yang menderita miom mungkin memiliki gejala yang datang dan pergi. Gejala mungkin bisa bertambah buruk selama siklus menstruasi mereka. 

Bagi sebagian orang, gejala miom sangat parah dan menyebabkan rasa sakit yang konstan. Namun, terkadang miom tidak menimbulkan gejala apapun. Melansir dari sejumlah sumber, berikut gejala miom yang perlu Anda waspadai.

  1. Periode menstruasi yang berat, menyakitkan, dan berkepanjangan
  2. Pendarahan di antara masa menstruasi
  3. Nyeri panggul dan tekanan perut
  4. Perasaan penuh pada perut bagian bawah
  5. Pembesaran atau pembengkakan perut bagian bawah
  6. Sembelit atau diare
  7. Sulit buang air kecil atau bahkan malah terlalu sering buang air kecil
  8. Sakit saat berhubungan seks
  9. Sakit punggung bawah
  10. Masalah reproduksi (seperti kesulitan hamil)
  11. Kelelahan dan kelemahan

Bagaimana dengan pengobatan miom? Umumnya, ada beberapa pilihan untuk mengobati miom, termasuk obat-obatan, prosedur non-invasif, pembedahan, atau kombinasi terapi. 

Jenis pengobatan akan ditentukan berdasarkan beberapa faktor yaitu sberapa parah gejala yang dialami, ukuran miom, lokasi miom, apakah Anda ingin hamil di masa mendatang, dan apakah usia Anda mendekati menopause atau tidak.

Demikian informasi mengenai gejala miom. Jika Anda menderita miom tetapi tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala lainnya, Anda tidak perlu mengobatinya. Namun, jika gejala Anda parah atau jika miomanya besar dan berpotensi menyebabkan kerusakan pada organ di sekitarnya, segera konsultasikan ke dokter dan dokter akan membantu Anda mendapatkan pengobatan terbaik.

Baca Juga:
Terpopuler: Eril, Ridwan Kamil dan Atalia Super Bangga, Video Viral Wanita Menyanyi Usai Dibius di Ruang Operasi

Kontributor : Ulil Azmi



#Gejala #Miom #Wanita #Harus #Waspada

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.