Menu
Redaksi Hari Ini

Transformasi Digital Membuat UMKM Semakin Berkembang, Siap Tangkap Peluang Memasuki Endemi

  • Share
Transformasi Digital Membuat UMKM Semakin Berkembang, Siap Tangkap Peluang Memasuki Endemi

Pagarsehat.web.id – Pandemi Covid-19 yang terjadi dua tahun terakhir menyebabkan 68% pelaku usaha mengalami kesulitan dan kemunduran yang disebabkan oleh sepinya pembeli hingga kesulitan mendapatkan stok barang. Dan saat ini, meski kita sudah memasuki masa pemulihan pandemi, kondisi UMKM nyatanya belum pulih sepenuhnya.

Untunglah, ada potensi besar dimana teknologi menjadi hal yang paling membantu UMKM untuk berkembang. Salah satunya yang diinisiasi oleh Youtap Indonesia, yang memiliki solusi digital all-in-one bagi pelaku usaha hadir dengan evolusi solusi terbaru, Youtap POS.

Pembaruan Youtap POS hadir dengan fitur lebih lengkap agar pelaku usaha dari semua level semakin mudah menjalankan usahanya, saling terkoneksi langsung dari semua tipe device HP ataupun Tablet, dan bisa menangkap peluang lebih dengan berjualan online.

Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI, Christina Agustin mengatakan, “Berdasarkan data internal kami, 80% UMKM terhubung ke dalam ekosistem digital memiliki daya tahan yg lebih baik selama masa pandemi. Bahkan, 59% yang tinggal di wilayah suburban sudah masuk ekosistem digital.”

Data di atas membuktikan bahwa penetrasi penggunaan digital telah memasuki berbagai daerah. Transformasi digital UMKM yang semakin berkembang inilah yang mampu menjadi potensi besar di Asia Tenggara.

“Youtap memiliki peran dalam menggeliatkan transfromasi digital untuk membangun ekosistem yang penuh inovasi bagi anak bangsa. Kami mengapresiasi Youtap dan saya berharap dapat menjadi kolaborasi untuk memfasilitasi transformasi digital bagi UMKM Indonesia. Saya mengajak agar kita semua mendampingi UMKM Indonesia dalam upaya melahirkan wirausaha tangguh serta membuat program UMKM buatan dalam negeri yang mampu memasuki pasar global,” kata Christina lebih lanjut, dalam konferensi pers secara daring, Selasa (21/6/2022).

Kesadaran pelaku usaha untuk penggunaan solusi digital juga turut mulai meningkat. Data survey Youtap menunjukkan 7 dari 10 pelaku usaha menilai penting-nya penerimaan pembayaran QRIS dan penggunaan aplikasi POS untuk perkembangan usaha.

Dari hasil riset independent terakhir, Youtap juga telah berhasil meraih posisi nomor satu sebagai penyedia layanan pembayaran digital QRIS melalui POS yang diminati pelaku usaha. Bahkan pembayaran digital yang diusung Youtap juga telah meraih award dari InfoBrand sebagai Top Innovation Choice Award.

Perkembangan UMKM Kekinian dapat ditinjau lewat pertumbuhan fleksibilitas jenis usaha UMKM yang beragam hingga kemampuan mereka dalam beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan digitalisasi yang ada.

Lewat Youtap POS, Youtap turut mendukung pertumbuhan UMKM agar semakin mantap dalam bertransformasi digital lewat solusi digital yang hampir semua fiturnya gratis dan mudah untuk didapat.



#Transformasi #Digital #Membuat #UMKM #Semakin #Berkembang #Siap #Tangkap #Peluang #Memasuki #Endemi

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.