Menu
Redaksi Hari Ini

Secara Etika Politik Tak Bagus Dilihat Publik

  • Share
Secara Etika Politik Tak Bagus Dilihat Publik

Pagarsehat.web.id – Sikap Ketua DPR yang juga Politisi PDI Perjuangan Puan Maharani disebut tidak sopat ngevlog di depan Presiden Joko Widodo yang tengah berbincang dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Hal tersebut disampaikan pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komaruddin. Dia menilai seharusnya Puan meminta izin terlebih dahulu sebelum mengambil video dalam hal etika kesopanan kepada Kepala Negara.

“Saya melihatnya mestinya itu tidak dilakukan (Puan), agar sama-sama saling menghargai. Ataupun kalau mau mesti seizin pak Jokowi, misalnya mohon maaf pak Jokowi, saya mau selfie, kan itu mesti dilakukan,” ujar Ujang kepada Pagarsehat.web.id, Selasa (21/6/2022).

Ia pun mempertanyakan apakah saat pengambilan video, Puan telah mendapatkan izin dari Jokowi atau belum. Namun jika belum mendapat izin dari Kepala Negara, hal tersebut akan menjadi perdebatan di mata publik karena Puan dianggap tak sopan.

Baca Juga:
Tegas, Megawati Ingatkan Kader PDIP Tak Main 2 Kaki: Siapa yang Berbuat Manuver, Keluar!

“Kalau itu sudah seizin pak Jokowi tentu itu tidak masalah. Kalau memang tidak izin ya itu menjadi perdebatan di mata masyarakat,” paparnya.

Dosen Universitas Al Azhar itu mengaku tak mengetahui apakah video nge-Vlog Puan tersebut sengaja untuk konsumsi publik atau konsumsi pribadi. Jika untuk konsumsi publik menurut Ujang tidaklah etis secara etika politik.

“Kita tahu karena mereka kan sama-sama dekat sama-sama satu partai. Apa tujuan mba Puan saya tidak tahu. Secara etika politik ya memang tidak bagus dilihat oleh publik. Tapi itu mungkin untuk konsumsi pribadi, kecuali untuk konsumsi publik tentu kurang bagus, kurang pas,” katanya

Puan Ngevlog

Sebelumnya, video Ketua DPR RI Puan Maharani yang sedang nge-vlog saat berada di ruang bersama Presiden Jokowi dan para tokoh tengah viral dan menghebohkan publik di jagat media sosial.

Baca Juga:
Peluang PDIP Gabung Koalisi Gerindra-PKB, Puan: Ibu Ketum Mengatakan Bangun Indonesia Tidak Bisa Sendirian

Rekaman video tersebut tampaknya direkam oleh Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung sebelum digelarnya acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-2 di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022).

Tak berselang lama, video beredar luas seketika dan banjir beragam tanggapan.

Selain aksi Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani yang tampak ngevlog melalui ponselnya dalam momen itu, salah satu akun di jejaring media sosial Twitter menyorot hal lain.

Adalah momen ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) duduk menghadap Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Dalam video tersebut, terlihat Jokowi duduk tepat di hadapan Megawati dan menyimak perkataan Presiden ke-5 Republik Indonesia itu.

Jokowi terlihat sangat fokus duduk berdiam diri anteng dengan kedua tangan berada di pangkuan.

Terlihat, Megawati berbicara dan menjelaskan sesuatu dengan gestur tangannya.

Sementara itu, di samping di salah satu sisi ruangan, mereka terlihat Puan mengabadikan momen tersebut, bahkan sempat mengalihkan fokus Jokowi yang melambaikan tangan ke arah kamera.

Sikap Jokowi yang tampak diam tersebut disorot dan disebut publik seperti seorang murid mengadap ke guru bimbingan konseling (BK).



#Secara #Etika #Politik #Tak #Bagus #Dilihat #Publik

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.