Redaksi Hari Ini

Aksi Peduli Lingkungan, Penggemar BTS Transplantasi Terumbu Karang di Laut Lombok Utara

  • Share
Aksi Peduli Lingkungan, Penggemar BTS Transplantasi Terumbu Karang di Laut Lombok Utara

Pagarsehat.web.id – BTS Army Project (BAP), salah satu base Army atau sebutan penggemar BTS melakukan aksi peduli lingkungan berupa transplantasi terumbu karang di destinasi wisata Taman Laut Pantai Pandanan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Melalui keterangan tertulis di Mataram, Senin (13/6/2022), Hardyanti Mulyani Hastuti, selaku penanggung jawab kegiatan menjelaskan ekosistem terumbu karang merupakan habitat penting bagi biota laut yang perlu dijaga dan dilestarikan bersama.

Terumbu karang selain sebagai tempat tinggal ikan dan makhluk laut lainnya, juga berfungsi menahan dan memperlambat arus ombak yang datang ke pesisir.

Hal itu, kata dia, bermanfaat untuk mencegah erosi pantai dan mengurangi dampak jika terjadi gelombang besar seperti tsunami.

Baca Juga:
Peringati Hari Bumi 2022, Pemuda Peduli Lingkungan Demonstrasi di Kota Medan

“Berangkat dari hal tersebut, kami penggemar BTS di Lombok, bersama Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Pandanan melakukan transplantasi sebagai bentuk upaya rehabilitasi terumbu karang di Taman Laut Pantai Pandanan,” katanya.

Ia menyebutkan media tanam yang digunakan memiliki bentuk yang berbeda-beda dan dibuat sesuai dengan permintaan Army sendiri.

Terdapat tiga meja besi berbentuk logo BTS, Army, dan BAP yang digunakan untuk mentransplantasi ratusan bibit terumbu karang yang sudah disediakan. Meja besi tersebut berukuran 1,5 meter kali 1 meter. Media itu dilepas di tempat yang masih gersang (tidak ada terumbu karang yang hidup).

“Hal itu bertujuan supaya dapat memperluas cakupan habitat makhluk laut lainnya,” ujar Hardyanti.

Selain media tanam dari besi, kata dia, Army juga membuat lokasi foto under water berbentuk logo BTS, juga spot foto di bibir pantai berbahan dasar kayu sebagai penanda adanya pembuatan Taman Laut BTS di Pantai Pandanan.

Baca Juga:
KTO dan BTS Akan Meluncurkan Kampanye Promosi Pariwisata Korea di Las Vegas

Tidak hanya itu, Army juga melakukan perbaikan di bagian pintu masuk Pantai Pandanan dan mendesainnya dengan tema BTS sebagai tanda dari pembangunan yang dilaksanakan.



#Aksi #Peduli #Lingkungan #Penggemar #BTS #Transplantasi #Terumbu #Karang #Laut #Lombok #Utara

Sumber : www.suara.com

  • Share
Exit mobile version