Menu
Redaksi Hari Ini

Beredar Isu APBD Perbaikan Jembatan di Lombok Dialihkan untuk MXGP, Pemprov NTB: Hoax!

  • Share
Beredar Isu APBD Perbaikan Jembatan di Lombok Dialihkan untuk MXGP, Pemprov NTB: Hoax!

Pagarsehat.web.id – Pemprov Nusa Tenggara Barat bantah anggaran untuk perbaikan jembatan Midang dan Medas di Kabupaten Lombok Barat dialihkan untuk menggelar Motorcross Grand Prix (MXGP) di Samota, Kabupaten Sumbawa.

Sebelumnya, beredar kabar Pemprov NTB diam-diam mengalihkan anggaran jembatan Midang dan Medas senilai Rp15 miliar dari APBD 2022.

“Pemprov NTB belum pernah mengalokasikan anggaran untuk penggantian jembatan Midang dan Medas di DPA 2022. Jadi, tidak benar kalau ada anggapan bahwa dananya dipindahkan ke tempat lain atau ke MXGP,” tegas Kepala Dinas PUPR NTB, Ridwansyah.

Ia mengatakan, saat ini, penggantian jembatan akibat bencana yang sudah dianggarkan adalah jembatan Bengkang dan jembatan Tebek, melalui program DAK 2022 yang pengusulan-nya dilakukan pada bulan April 2021.

Baca Juga:
Kondisi Mabuk, Aniaya hingga Telanjangi Ibunya di Rumah, Sang Kakak Murka Bunuh Adiknya Pakai Parang

“Kerusakan jembatan Midang dan jembatan Medas terjadi pada awal tahun 2022, di mana anggaran Tahun 2022 sudah ditetapkan. Jadi memang tidak pernah dibahas dalam proses penyusunan APBD 2022 di Komisi maupun Banggar DPRD NTB,” ujar Dae Iwan sapaan akrabnya.

Menurut dia, usulan perbaikan jembatan Midang dan Medas tetap menjadi prioritas Pemprov NTB. Namun, karena keterbatasan APBD, Pemprov NTB mengusulkan penggantian jembatan Midang dan jembatan Medas ditangani dengan dana APBN melalui BNPB, tetapi hingga saat ini pun belum ada informasi mengenai kepastian pembiayaannya.

“Dinas PUPR akan memprioritaskan usulan jembatan-jembatan yang rusak karena bencana alam termasuk kedua jembatan itu (Midang dan Medas, red) di APBD Perubahan 2022. Mudah-mudahan ada tersedia anggaran,” katanya.

Sebelumnya, Anggota DPRD NTB Hasbullah mempertanyakan hilangnya anggaran infrastruktur untuk Lombok Barat di APBD NTB sebesar Rp15 miliar.

Anggaran ini, berdasarkan kesepakatan resmi antara eksekutif dengan legislatif, merupakan anggaran untuk pembangunan dua jembatan terdampak banjir yakni jembatan Medas dan jembatan Midang di Kecamatan Gunung Sari.

Baca Juga:
Soal APBN dan APBD, Presiden Jokowi Ingatkan Uang Rakyat Jangan Dibelanjakan Barang-barang Impor

Diduga, anggaran ini diam dialihkan untuk proyek infrastruktur di Pulau Sumbawa, termasuk untuk membiayai pelaksanaan MXGP di Samota.



#Beredar #Isu #APBD #Perbaikan #Jembatan #Lombok #Dialihkan #untuk #MXGP #Pemprov #NTB #Hoax

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.