Redaksi Hari Ini

Deretan Gelar Kehormatan Megawati, Terbaru dari Seoul Institute of the Arts

  • Share
Deretan Gelar Kehormatan Megawati, Terbaru dari Seoul Institute of the Arts

Pagarsehat.web.id – Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri telah bertolak ke Seoul pada Minggu (8/5/2022) untuk menghadiri pelantikan Presiden Korea Selatan. Megawati juga bakal dianugerahi gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts.

Hal ini juga sempat diungkap oleh Hasto Kristiyanto selaku Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan. Hasto mengungkap bahwa gelar profesor kehormatan ini diberikan kepada Megawati atas konsistensinya dalam memperjuangkan perdamaian dalam konflik di Semenanjung Korea.

Pemberian gelar kehormatan ini bukan hanya sekali diterima oleh Megawati. Sebagai salah satu mantan petinggi negara, Megawati sempat beberapa kali menerima gelar kehormatan akademis dan non akademik dari berbagai perguruan tinggi di dalam negeri maupun luar negeri.

Berikut daftar gelar kehormatan yang pernah diterima oleh Megawati.

Baca Juga:
5 Kebiasaan Unik yang Belum Kita Ketahui Mengenai Korea Selatan

1. Doktor Honoris Causa dari Jepang

Pada tahun 2001 silam, Megawati pernah menerima gelar doktor honoris causa dalam bidang politik dari Waseda University. Gelar ini ia terima setelah dilantik menjadi presiden Indonesia ke 5 pada 23 Juli 2001 silam.

Tak hanya dari Waseda University, Soka Japan University Tokyo pun pernah memberikan gelar yang sama dalam bidang kemanusiaan kepada Megawati pada tahun 2020 lalu.

2. Doktor Honoris Causa dari berbagai instansi Indonesia

Sebagai politikus dan mantan presiden Indonesia, tidak heran rasanya jika Megawati menerima begitu banyak penghargaan dan gelar kehormatan dari berbagai instansi di Indonesia.

Baca Juga:
Shooting Stars Episode 6: Cinta Lama Lee Sung Kyung

Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Padang, serta Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) juga pernah memberikan gelar doktor honoris causa kepada Megawati atas kontribusinya di bidang politik dan pemerintahan.

3. Doktor Honoris Causa dari Korea Selatan

Sebelum menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts, Megawati juga pernah menerima dua gelar doktor honoris dari perguruan tinggi Negeri Ginseng.

Keduanya adalah Mokpo National University pada tahun 2017 dan Korea Maritime and Ocean University Busan pada tahun 2015 lalu, di bidang demokrasi ekonomi dan politik.

Kancah perjuangan serta kontribusi Megawati untuk negara ini juga menjadi latar belakang ia mendapat gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts.

4. Doktor Honoris Causa dari Tiongkok

Salah satu institusi akademis Fujian Normal University (FNU), Fuzhou, Tiongkok pun pernah memberikan gelar doktor honoris causa kepada Megawati pada tahun 2018 lalu.

Gelar tersebut diberikan kepada Ketua Umum PDIP itu karena konsistensinya dalam menjalin hubungan baik antara Indonesia dengan pihak Fujian Normal University.

5. Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan

Gelar profesor kehormatan dari Korea Selatan bukanlah gelar profesor kehormatan pertama yang diterima oleh Megawati. Pada Juni 2021 lalu, Universitas Pertahanan (Unhan) memberikan gelar profesor kehormatan kepada Megawati.

Penghargaan ini diberikan atas seluruh karya ilmiah Megawati di bidang pertahanan politik dan kepemimpinan strategik. Ia juga ditetapkan sebagai guru besar tidak tetap di universitas bergengsi di Indonesia tersebut.

Kontributor : Dea Nabila

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Deretan #Gelar #Kehormatan #Megawati #Terbaru #dari #Seoul #Institute #Arts

Sumber : www.suara.com

  • Share
Exit mobile version