Menu
Redaksi Hari Ini

5 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan, Baik Diminum Rutin oleh Penderita Diabetes

  • Share
5 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan, Baik Diminum Rutin oleh Penderita Diabetes

Pagarsehat.web.id – Kelapa muda adalah salah satu minuman populer di Indonesia yang disukai banyak orang. Selain menyegarkan, air kelapa muda rupanya juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Adapun manfaat air kelapa muda sangatlah beragam.

Diketahui, air kelapa ini memiliki nutrisi yang tinggi yang berguna dalam menjaga daya tahan tubuh. Untuk selengkapnya, berikut ini manfaat air kelapa muda untuk kesehatan yang dikutip dari sejumlah sumber.

1. Antioksidan 

Air kelapa juga memiliki manfaat sebagai antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Antioksidan membantu  mengubah radikal bebas menjadi zat yang tidak berbahaya. 

Baca Juga:
Bukan Hanya Makanan, Ini Penyebab Berat Badan Naik Usai Lebaran

2. Sumber Nutrisi

Kelapa (Cocos nucifera) ini secara botani disebut juga sebagai buah. Air kelapa dipercaya sumber mineral alami hingga 94 persen. Biasanya, air kelapa berasal dari kelapa muda berusia 6-7 bulan, meski ditemukan juga pada kelapa yang matang. Diketahui, kelapa hijau menyediakan air kelapa sebanyak setengah hingga satu cangkir gelas.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Air kelapa kaya akan nutrisi dan mineral, kandungan ini bergunda dalam menurunkan kadar gula dalam darah dan menurunkan risiko penyakit diabetes. Mengonsumsi air kepala hijau secara rutin sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.

Air kelapa muda. (freepik)

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Baca Juga:
Hati-Hati, Ini 6 Jenis Pengobatan Kanker yang Bisa Berimbas Buruk untuk Pengidap Diabetes

Mengonsumsi air kelapa juga membantu dalam menjaga kesehatan  jantung. Dalam sebuah penelitian, menemukan bahwa kadar trigliserida dan kolesterol mengalami penurunan setelah rutin mengonsumsi air kelapa selama 45 hari. Penelitian lain juga menyebutkan kalau mengonsumsi air kelapa muda berguna dalam menurunkan tekanan darah pada penderita penyakit darah tinggi. 

5. Mencegah Batu Ginjal

Sangat penting bagi tubuh untuk cukup mendapatkan asupan mineral agar dapat mencegah terserang penyakit batu ginjal. Air kelapa adalah minuman yang kaya akan mineral. Jadi, mengonsumsi air kelapa hijau secara rutin dapat menjaga tubuh dari penyakit batu ginjal, bersama dengan asupan air putih yang cukup.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh. Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi air kelapa muda dengan tambahan gula atau pemanis buatan, karena itu hanya akan menurunkan khasiatnya. Yuk semangat jaga kesehatan tubuh.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Manfaat #Air #Kelapa #Muda #untuk #Kesehatan #Baik #Diminum #Rutin #oleh #Penderita #Diabetes

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.