Menu
Redaksi Hari Ini

Tradisi Lebaran Unik, Setiap Warga Kompak Bawa Aneka Makanan ke Masjid

  • Share
Tradisi Lebaran Unik, Setiap Warga Kompak Bawa Aneka Makanan ke Masjid

Pagarsehat.web.id – Lebaran merupakan hari yang ditunggu oleh banyak umat muslim. Biasanya di setiap daerah memiliki tradisi berbeda-beda yang dilakukan setiap hari lebaran.

Salah satu contohnya seperti yang dibagikan melalui akun TikTok @febindaeltito. “Jadi di daerah kalian ada tradisi ini nggak pas lebaran?” tanya pria ini di awal video.

Rupanya di daerah tempat tinggalnya, yakni Tulungagung, Jawa Timur, ada tradisi berbagi makanan yang cukup unik. Setelah salat ied, para warga akan membawa makanan dalam jumlah besar ke masjid.

Pria ini pun tampak membawa satu baskom besar makanan yang ditutup dengan daun pisang. Tak hanya dirinya, para tetangga juga berbondong-bondong membawa makanan dari rumah untuk ditaruh di masjid.

Baca Juga:
25 Kata-Kata Mutiara Idul Fitri 2022 yang Penuh Makna untuk Dibagikan di Hari Lebaran

Mulai dari anak-anak, bapak-bapak, hingga ibu-ibu membawa baskom dengan lauk berbeda-beda. Kebanyakan dari mereka pun masih menggunakan baju muslim dan para lelaki memakai sarung.

Tradisi lebaran di Tulungagung (TikTok @febindaeltito)

Setelah semua makanan terkumpul, para warga akan makan bersama di masjid. Mereka semua terlihat kompak dalam menjalankan tradisi ini.

Dalam video itu, pria ini menyantap nasi, ayam lodho, mi goreng, dan juga telur dadar. Makan bersama di masjid pada di momen hari lebaran pun terasa sangat nikmat.

Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

“Ada, Bang. Tapi malam takbirannya. Jadi habis salat isya pada makan makanan yang dibawa masing-masing. Kalau kami bilangnya kenduri malam lebaran,” komentar seorang warganet.

Baca Juga:
Jadi Ciri Khas saat Lebaran, Kue Kering Ternyata Punya Makna Toleransi

Warganet lainnya ikut berkomentar. “Di Rangkasbitung juga begitu, Kak. bahkan kita semua 1 kampung tukeran makanan dan saling antar,” ujar warganet ini.

“Pengen ikut tradisi kayak gini tapi seumur umur lebaranku, nggak ada rasanya lebaran,” tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hanya dalam beberapa jam setelah diunggah, video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 300 ribu kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Tradisi #Lebaran #Unik #Setiap #Warga #Kompak #Bawa #Aneka #Makanan #Masjid

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.