Menu
Redaksi Hari Ini

Khusus Penderita Diabetes, Konsumsi 5 Buah Ini Bantu Kontrol Kadar Gula Darah

  • Share
Khusus Penderita Diabetes, Konsumsi 5 Buah Ini Bantu Kontrol Kadar Gula Darah

Pagarsehat.web.id – Satu tantangan terbesar penderita diabetes adalah mengelola kadar gula darah. Karena itu, orang yang didiagnosis diabetes sering disarankan mengubah gaya hidupnya, termasuk dalam hal makanan.

Seperti yang kita ketahui, buah-buahan adalah makanan yang menyehatkan. Tapi, buah-buahan secara alami kaya akan gula dan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Meski begitu, bukan berarti penderita diabetes harus menghindari makan buah-buahan. Karena dilansir dari Times of India, ada 5 buah yang justru baik untuk kesehatan.

1. Persik

Baca Juga:
Hadapi Gelombang Omicron, Beijing Bangun RS Darurat hingga Beri Larangan Ini

Persik adalah buah yang tinggi serat dan aman bagi penderita diabetes. Persik kaya akan vitamin C, vitamin A dan potasium.

Senyawa bioaktif yang ada dalam buah persik juga dapat melawan obesitas dan masalah kesehatan yang disebabkan oleh diabetes.

Buah persik (shutterstock)

Asupan buah persik secara teratur juga dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dan memperbaiki pencernaan.

2. Plum

Plum adalah buah yang bisa dikonsumsi untuk mengobati sensitivitas insulin dan menangani diabetes. Buah plum ini mengobati sensitivitas insulin dan menangani diabetes

Baca Juga:
Tips Sehat Rayakan Lebaran untuk Diabetesi dan Deretan Berita Populer Kesehatan Lainnya

Senyawa dan antioksidan yang ada dalam buah plum bisa membantu mengubah pati menjadi energi dan menjaga kadar gula darah.

3. Apel

Apel adalah buah yang kaya serat, tinggi nutrisi dan rendah fruktosa. Apel sangat baik untuk dikonsumsi karena bisa membantu mencegah sembelit dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Serat juga memperlambat proses pencernaan dan penyerapan gula. Jadi, gula akan memasuki aliran darah secara perlahan dan tidak meningkatkan kadar gula darah.

4. Pepaya

Makan pepaya juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sesuai laporan, pepaya mungkin memiliki efek hipoglikemik pada tubuh. Buah ini juga mengandung flavonoid, antioksidan alami yang dapat membantu mengatur gula darah.

Antioksidan di dalamnya dapat mencegah kerusakan sel dan mengatur berat badan yang sehat. Buah rendah kalori sarat dengan vitamin B, folat, kalium dan magnesium.

5. Jambu biji

Jambu biji yang rendah kalori dan kaya serat dapat dicerna secara perlahan dan diserap secara perlahan oleh sel. Jadi, mengonsumsinya tidak akan meningkatkan kadar gula darah seperti buah-buahan lainnya.

Apalagi, pepaya juga memiliki vitamin C 4 kali lebih banyak daripada jeruk. Selain itu, kandungan natriumnya juga rendah dan tinggi kalium. Nutrisi ini juga bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Khusus #Penderita #Diabetes #Konsumsi #Buah #Ini #Bantu #Kontrol #Kadar #Gula #Darah

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.