Redaksi Hari Ini

Harga Emas Dunia Naik Terkerek Inflasi yang Tinggi

  • Share
Harga Emas Dunia Naik Terkerek Inflasi yang Tinggi

Pagarsehat.web.id – Harga emas dunia naik pada perdagangan akhir pekan lalu meskipun ketika investor menimbang ekspektasi kenaikan suku bunga AS yang agresif dan kegelisahan atas inflasi yang tinggi dan dampak ekonomi dari krisis Ukraina.

Mengutip CNBC, Senin (11/4/2022) emas di pasar spot naik 0,6 persen menjadi USD1,943,70 per ounce dan naik hampir 1,1 persen untuk minggu ini. Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,6 persen menjadi USD1,948.5.

“Di satu sisi kami memiliki risiko geopolitik yang dihasilkan oleh perang di Ukraina dan kenaikan inflasi yang menawarkan dukungan untuk logam mulia. Di sisi lain kami memiliki sikap Federal Reserve yang semakin hawkish,” kata analis senior ActivTrades Ricardo Evangelista.

Sebelumnya indeks dolar mencapai level tertinggi sejak Mei 2020, didukung oleh risalah pertemuan kebijakan Fed Maret yang menunjukkan “banyak” pembuat kebijakan siap untuk menaikkan suku dalam kenaikan setengah poin dalam pertemuan mendatang untuk mengekang inflasi.

Baca Juga:
Naik Rp 4.000, Harga Emas Antam Jelang Akhir Pekan Dibanderol Rp 988.000/Gram

Patokan imbal hasil US Treasury 10-tahun menyentuh level tertinggi tiga tahun. Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS dan imbal hasil Treasury, yang meningkatkan biaya peluang untuk menahan bullion yang tidak memberikan imbal hasil.

Sementara itu, Rusia memberikan penilaian yang paling suram tentang invasinya ke Ukraina. Rusia menggambarkan “tragedi” meningkatnya kerugian pasukan dan pukulan ekonomi dari sanksi Barat.

“Kekuatan inflasi yang berlawanan dan kenaikan suku bunga kemungkinan akan menjadi pengaruh terkuat pada emas di kuartal kedua,” kata Dewan Emas Dunia dalam sebuah laporan.

“Pemulihan ekonomi pasca-covid dan gangguan sisi pasokan, yang telah diperburuk oleh perang Rusia-Ukraina, kemungkinan akan membuat inflasi lebih tinggi lebih lama.” Tambahnya. 

Baca Juga:
Inflasi dan Krisis Ukraina Makin Mengkhawatirkan, Harga Emas Terkerek Naik



#Harga #Emas #Dunia #Naik #Terkerek #Inflasi #yang #Tinggi

Sumber : www.suara.com

  • Share
Exit mobile version